spider

Rabu, 03 November 2010

Kemenkeu Berprestasi Menantang dan Berpengaruh

(sebuah esai sederhana)


Kementerian Keuangan yang pada awalnya disebut Departemen Keuangan adalah salah satu kementerian dalam susunan pemerintahan Republik Indonesia yang membidangi urusan keuangan. Kementerian Keuangan saat ini dijabat oleh seorang Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo, dan dibantu Anny Ratnawati selaku Wakil Menteri Keuangan.Beliau berdua menjabat sejak tanggal 20 Mei 2010 menggantikan Dr. Sri Mulyani Indrawati,menteri sebelumnya yang menjabat dua periode dalam Kabinet Indonesia Bersatu mulai dari 7 Desember 2005 sampai dengan 20 Mei 2010 yang kini mengundurkan diri dari pemerintahan indonesia setelah ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.
Kementerian yang menggunakan Nagara Dana Rakça.sebagai mottonya ini berkantor pusat di Jalan Dr. Wahidin Nomor 1 dan Jalan Lapangan Banteng Timur Nomor 2-4, Jakarta Pusat. Keduanya merupakan kompleks yang terdiri dari beberapa gedung yang letaknya saling berseberangan. Kebanyakan instansi setingkat eselon I di bawah Kementerian Keuangan bertempat di lokasi ini. Instansi eselon I di bawah Kementerian Keuangan yang tidak berkantor pusat di dalam komplek tersebut antara lain Direktorat Jenderal Pajak (Jl. Gatot Subroto No. 40-42), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Jl. Jenderal Ahmad Yani, Rawamangun), dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (Jl. Purnawarman No.99 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan).
Kemeterian Keuangan menurut saya adalah salah satu kementerian yang berprestasi, menantang dan berpengaruh.Kementerian yang prestisius dan strategis ini menurut saya :
A. Kementerian Keuangan adalah kementerian yang berprestasi
1. Dalam merekrut sumberdaya manusia terutama STAN
2. Dalam kinerjanya,karenanya dipertahankan oleh SBY dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II
3. Mempunyai menteri keuangan yang punya nama di dunia internasional
B. Kementerian Keuangan adalah Kementerian yang menantang
1. Tantangan dalam pengelolaan uang negara dalam jumlah besar
2. Tantangan oposisi dalam alokasi APBN
3. Tantangan pencapaian program kerja
C. Kementerian keuangan adalah kementerian yang berpengaruh
1. Dalam penguasaan atas negara
2. Dalam dunia ekonomi

(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blingify.com - Guys Backgrounds